Home » , , » PENGENALAN KONTAK NO DAN NC

PENGENALAN KONTAK NO DAN NC

Yang dimaksud dengan kontak adalah dua kutub atau dua titik penghantar yang bisa berubah kondisinya yaitu tersambung atau tidak tersambung. Kondisi awal kontak atau kondisi normal terbuka disebut dengan Normally Open (NO) dan kondisi tertutup disebut Normally Close (NC). Sistem kerja suatu control mesin pada hakekatnya adalah pengaturan kerja kontak NO dan NC berdasarkan waktu ataupun keadaan lingkungan, yaitu masukan dari luar berupa sensor atau kontak-kontak switch. Untuk itu, bagi teknisi listrik perlu untuk memahami filosofi dari kontak NO dan NC.
1. KONTAK NO (NORMALLY OPEN)
Kontak NO yaitu suatu kontak yang dalam keadaan normal terbuka atau tidak terhubung. Bila pada kontak tersebut kita beri energi (energize), maka kontak tersebut akan terhubung. Dengan kata lain dua kutub atau dua titik penghantar dalam keadaan normal (biasa) tidak terhubung atau tidak bisa menghantarkan arus listrik, kemudian kita ubah menjadi terhubung atau menjadi bisa menghantarkan arus listrik dengan cara ditekan, diputar, digeser ataupun pengaruh dari elektromagnetik. Kalau energi yang kita berikan dihentikan, maka kondisinya akan kembali seperti semula, yaitu terbuka.
2. KONTAK NC (NORMALLY CLOSE)
Kontak NC adalah kebalikan dari kontak NO yaitu dalam keadaan normal kontak tersebut tertutup atau terhubung. Bila pada kontak tersebut kita beri energi (energize), maka kontak tersebut akan terbuka atau tidak terhubung. Dengan kata lain dua kutub atau dua titik penghantar dalam keadaan normal (biasa) terhubung atau bisa menghantarkan arus listrik, kemudian kita ubah menjadi tidak terhubung atau menjadi tidak bisa menghantarkan arus listrik dengan cara ditekan, diputar, digeser ataupun pengaruh elektromagnetik. Kalau energi yang kita berikan dihentikan, maka kondisinya akan kembali seperti semula.

Bagikan Artikel ini :

0 komentar:

Posting Komentar